Thursday, June 24, 2010

Bakrie Connectivity Resmi Diluncurkan

Hari Kamis (24/06) kemarin, Bakrie Connectivity telah resmi dilaunching. Sebuah perusahaan internet broadband nirkabel berbasis CDMA EVDO yang baru didirikan Bakrie Telecom Tbk dan bekerja sama dengan Google dengan menggunakan web browser Google Chrome sebagai browser standar.




Kehadiran Bakrie Connectivity ini, diharapkan mampu menjawab dan memenuhi keinginan para pengguna internet broadband di Indonesia. Hal ini disebabkan karena potensi market internet broadband di Indonesia sangat luar biasa.

Emmanuel Sauquet, Direktur Pengembangan Bisnis Google Asia mengatakan,"Pengguna berkembang sangat, sangat cepat. Indonesia akan mengalami perkembangan yang sangat hebat. Di sini banyak sekali online community yang beragam dan sangat aktif. Ini adalah tempat yang tepat bagi kami untuk datang sekarang." Hmmmm...sepertinya Google memang sangat serius untuk terjun ke pasar Internet Indonesia!!

Data ITU (International Telecommunication Union) menunjukkan bahwa pada 2009 ada 30 juta pengguna internet di Indonesia atau penetrasinya baru mencapai 12,5 persen.

Berdasarkan data sebuah lembaga konsultan dan riset bisnis internasional menyatakan akan ada 234 juta pelanggan selular di Indonesia atau 90 persen dari populasi penduduk pada 2014. Dari jumlah tersebut, 20 persen diproyeksikan menjadi pelanggan 3G. Sedangkan kontribusi pendapatan mobile data akan tumbuh 40 persen.

Demikian pula pertumbuhan distribusi komputer yang turut mendukung perkembangan penggunaan internet tumbuh antara 25-30 persen setiap tahunnya. Data IDC memperlihatkan pada 2009 distribusi komputer terdapat 2,5 juta dan diperkirakan naik menjadi 3,5 juta pada 2010.

Saat ini, Indonesia berada di peringkat ketiga sebagai pengguna Facebook terbesar di dunia (setelah AS dan Inggris) dengan total pengguna lebih dari 22 juta.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Yahoo! di Asia Tenggara menunjukkan bahwa Indonesia mengalami pertumbuhan pasar online terbesar dan tercepat di Asia Tenggara. Ini ditandai dengan pertumbuhan 48 persen pada tahun 2010 terhadap penggunaan online dibandingkan 22 persen tahun lalu.

Pantas saja jika perusahaan-perusahaan internet mulai berpikir untuk meraih potensi pasar di Indonesia. Saat ini diperkirakan ada sekitar 40 juta pengguna internet di Indonesia, sangat potensial bukan?

No comments:

Post a Comment