Wednesday, December 23, 2009

Page Rank dan Alexa, Mau Kita Apakan?

Hampir semua blogger mempunyai impian yang sama, yaitu memiliki PageRank tinggi dan ranking traffic alexa yang kecil. Pertanyaanya adalah, 'setelah impian itu tercapai, mau kita apakan?' Apakah cukup berhenti disitu saja, sedang di sisi lain kita bisa mengelola keunggulan page rank dan alexa blog kita. Sungguh sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkannya.

Kenapa tidak mencoba make money from blog, banyak cara kok. Program Jualan Link dan Paid To Review merupakan contoh program penghasil dollar yang menurut aku lumayan mudah diikuti untuk menghasilkan recehan, dibandingkan dengan program Pay Per Click (PPC)yang mengharuskan memainkan peran SEO. Dalam PPC kita harus menjaring pengunjung ke blog, dan itu bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Hasil PPC bergantung pada jumlah klik, misalnya blog kita ramai pengunjung pun belum tentu ada yang meng-klik iklan.

Sedangkan dalam PTR ataupun jualan link bisa dikatakan jumlah pengunjung tidak terlalu dijadikan patokan (20 pengunjung per hari cukup). Beberapa program paid review dan sell link justru menghargai suatu blog berdasarkan tingkat Page Rank dan Alexa. Ambil contoh ReviewMe dan SponsoredReviews, kedua program tersebut merupkan contoh riil PTR yang berani membayar mahal review kita berdasarkan PR dan Alexa blog.

Bermodalkan blog PR3, ranking tante Alexa bugil dibawah 200ribu dan berbahasa Inggris tidak mustahil blog kita bisa menghasilkan $100 per bulan (bahkan banyak master blogger matre yang bisa menghasilkan lebih).

Gambarannya seperti berikut:
- di RM, apabila sudah masuk dalam market place maka kita berhak mendapatkan 10 job yang bisa diambil (dalam 1 bulan), dengan harga job berkisar antara $5 - 20.
- di SR, apabila sudah di approve kita bisa memperoleh pendapatan tak terbatas. Tergantung bagaimana kita melakukan bidding (harga dan frekuensi) agar advertiser mau menerima bid yang kita ajukan.

Banyak orang mengatakan bermain PTR dan sell link hanya akan membuat PR blog jadi drop. Yaaaah, semua hal itu pasti ada resikonya Gan. Blog yang tidak diikutkan ptr dan jualan link pun tetap mempunyai resiko drop page rank-nya. Justru karena kita berani mengambil resiko itu makanya kita dibayar (bukan begitu Mas TeTeZet....wkwkwkwk).

Ini hanyalah pendapat dari Si Toying penghuni Pentol Kramat dan beberapa rekan-rekan blogger yang berani mengambil resiko. Ketakutan kehilangan page rank bukanlah hambatan, berani mengorbankan perjuangan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih.

Setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda, semuanya terserah kepada diri masing-masing. Pada akhirnya kembali kepada apa dan bagaimana visi misi kalian menjadi seorang blogger.

No comments:

Post a Comment