Thursday, December 10, 2009

Kriteria Keberhasilan SEO

Seperti apakah SEO dikatakan telah berhasil? Itulah pertanyaan yang selalu ada dalam benak setiap blogger. Bila ingin serius menggeluti dunia blogging, maka sedikit banyak teknik SEO wajib untuk diketahui dan diterapkan. Bukan hal mudah memang, bagaimanapun juga kesulitan bukanlah suatu penghalang. Seorang yang memiliki pertahanan jiwa yang kuat justru menganggap kesulitan adalah tantangan yang harus dipecahkan untuk menang.

Pada dasarnya SEO itu adalah suatu investasi, itulah kata Mas Cosa yang selalu aku ingat. Mengapa dikatakan investasi? begini gambarannya: seseorang yang berinvestasi di sebuah perusahaan misalnya, tentu yang diharapkan adalah hasil atau keuntungan yang melimpah ruah di kemudian hari. Namun apakah hasil yang diharapkan bisa dicapai dalam waktu singkat? Tentu saja tidak. Perlu proses, kerja keras, pantang menyerah dan terus belajar. Kemudian hasil yang didapat, tinggal nyantai maka keuntungan datang dengan sendirinya.

Begitu juga dengan SEO, menerapkan teknik SEO memerlukan proses, kerja keras,dll. Bersusah payah di awal, menikmati hasil melimpah di akhir. Kalau bahasa ngetopnya berakit-rakit kehulu, berenang-renang ketepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Jadi, SEO dikatakan berhasil jika anda tidak lagi harus optimasi blog setiap hari tetapi pengunjung berjubel menikmati konten yang anda sajikan. Tidak perlu blogwalking lagi, pengunjung blog mencapai ratusan, ribuan atau bahkan lebih. Yang anda lakukan tinggal posting secara reguler, duduk ongkang-ongkang.

Apakah blogwalking harus dihilangkan? jawabnya: ya tidaklah. Blogwalking bisa digunakan untuk wadah silaturahmi antar blogger. Blogwalking bukan lagi untuk mendatangkan pengunjung, seperti itulah kira-kira kriteria keberhasilan SEO.

No comments:

Post a Comment