Wednesday, December 30, 2009

Gus Dur Meninggal Dunia

Innalillahiwainnaillaihiroji'un. Seorang tokoh multilateral dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakat di Indonesia sekaligus mantan Presiden, KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dipastikan meninggal dunia pukul 18.45 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) setelah mendapatkan perawatan sejak Jumat pekan lalu. Sebelum dirawat di RSCM Jakarta, sang cucu pendiri NU KH Hasyim Ashari itu sempat menjalani perawatan medis di RS Jombang Jawa Timur, pada Kamis (24/12), karena kelelahan setelah melakukan kunjungan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur.

Gu Dur wafat dalam usia 69 tahun. Menurut kabar, jenazah akan dikebumikan di Komplek Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

Teriakan takbir dan sholawat senantiasa mengiringi jenazah Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat dipindahkan dari ruang VVIP nomor 116 Gedung A Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Salemba Jakarta Pusat, ke mobil jenazah, Rabu (30/12) malam. Selanjutnya, jenazah mantan presiden Indonesia keempat tersebut dibawa ke rumah duka di Jl Warung Sila X, Ciganjur Jakarta Selatan, dengan dikawal aparat kepolisian dan Banser Nahdlatul Ulama.

Sejumlah tokoh penting mulai berdatangan ke kediaman almarhum Abdurrahman Wahid di kawasan Ciganjur Jakarta Selatan. Sejak pukul 20:00 malam, suasana di kediaman pribadi almarhum Gus Dur sudah juga dipadati kerabat, tetangga dan warga sekitar.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan memimpin rapat tertutup untuk pemakaman Gus Dur.

No comments:

Post a Comment