Thursday, January 21, 2010

Tips Aman Bertransaksi Melalui ATM

Kembali maraknya pembobolan dana nasabah melalui mesin ATM tentu harus menjadi perhatian tersendiri bagi kita. Menurut Bank Indonesia (BI), modus operandi yang digunakan oleh pelaku adalah melalui skimming data. Seperti kata Kepala Biro Humas BI, Difi A Johansyah, skimming data merupakan pencurian data nasabah yang tersimpan di dalam kartu dengan melakukan pengintipan PIN di mesin ATM melalui kamera yang dipasang oleh pelaku.

saat ini bebrbagai bank di Indonesia tengah melakukan investigasi mengenai modus operandi, potensial data yang dicuri atau di-copy, mitigasi risiko terhadap data yang kemungkinan sudah dicuri dan melaporkannya ke polisi untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

Tips Aman Bertransaksi Melalui ATM

Nasabah
- Mengganti PIN secara berkala dan melindungi kerahasiaan PIN, misalnya dengan menutup bantalan angka dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga PIN tidak dilihat oleh pihak lain. Silahkan baca 'Tips Aman Membuat PIN ATM'.

- Jangan mudah terpancing untuk memberikan PIN kepada pihak lain. Modus yang sering digunakan adalah pelaku berpura-pura menjadi petugas bank dan meminta nasabah untuk menyebutkan atau meng-input nomor PIN.

- Perhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya. "Bila ada hal-hal yang mencurigakan, nasabah diharapkan tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melaporkan kepada pihak bank terdekat dan atau kepada pihak berwajib.

- Perhatikan kondisi alat electronic data capture atau EDC di setiap merchant yang bekerja sama dengan pihak perbankan. Bila terdapat alat mencurigakan yang menempel pada EDC atau hal lain yang mencurigakan, nasabah diimbau tidak bertransaksi dan segera melaporkan kepada pihak bank terdekat atau kepada pihak berwajib.

BI selalu memberi imbauan kepada perbankan untuk tetap memerhatikan prinsip perlindungan nasabah. Bila nasabah merasa terdapat transaksi yang mencurigakan pada rekeningnya, mereka dapat segera menghubungi bank di mana nasabah membuka rekening.

Selain itu, BI juga telah mendorong perbankan untuk segera mengimplementasikan penggunaan teknologi cip pada kartu dan mesin ATM atau debet sehingga dapat meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko skimming data.

(source: kompas.com)

No comments:

Post a Comment