Friday, January 22, 2010

Cara Chat Facebook Lewat Handphone (BlackBerry, iPhone, Symbian, dan Android)

Bagaimana cara Chat Facebook di handphone (HP), Apakah bisa Chat Facebook lewat HP? Jawabannya adalah bisa. Facebook dapat dibuka secara mobile via handphone atau aplikasi lain di BlackBerry atau iPhone, sedangkan untuk Facebook Chat banyak yang mengira hanya bisa dibuka di komputer/ PC saja. Lalu bagaimana caranya? silahkan simak yang berikut ini.

Sebuah aplikasi bernama Palringo, salah satu aplikasi instant messenger multiprotokol yang dapat digunakan untuk chatting via mobile atau via desktop dan mampu menangani berbagai layanan instant messenger. Ada sekitar 11 layanan, diantaranya Yahoo!Messenger, Facebook Chat dan Palringo Chat.

Instalasi aplikasi ini support untuk perangkat mobile dengan platform seperti Java, Windows Mobile, Symbian/ S60, Aplle iPhone/ iPod Touch, BlackBerry bahkan untuk Android. Untuk perangkat komputer/ PC tersedia untuk Windows PC dan Mac OS X. Jadi gak hanya menangani BlackBerry dan iPhone saja tetapi juga dapat digunakan untuk handphone Java atau Symbian.

Berikut ini adalah cara pemakaian Facebook Chat untuk perangkat BlackBerry (perangkat lain tidak jauh berbeda):

1. Pertama download aplikasi Palringo via browser PC di http://www.palringo.com/en/gb/download atau download OTA via perangkat Blackberry di alamat http://modept.mobi/download/palringo/app pilih jenis handphone dan tipe OS yang ada. Setelah terinstal buka aplikasi Palringo.

2. Pertama kali daftar dulu account Palringgo menggunakan alamat email, setelah aktif klik "Service" pada tulisan "Not Connected" klik dua kali untuk "Sign In" menggunakan account yang sudah dibuat tadi. Setelah tersambung dengan account Palringo, tambahkan account Chat/ IM dari layanan yang lain antara lain terdapat MSN/ Windows Live Messenger, Yahoo! Messenger, AIM/ AOL Instant Messenger, Tancent QQ, Gadu-Gadu, ICQ, XMPP/ Jabber, Facebook Chat,GTalk/ Google Talk, dan iChat.

3. Lalu, arahkan kursor pada account Palringo, klik logo BlackBerry di samping kiri trackball, klik "Service", klik lagi “Add Service" sampai ditemukan logo layanan yang mau ditambahkan, kemudian isikan ID atau Username dan password-nya sampai terkoneksi, account layanan ini akan muncul di bawah account Palringo.

Di bagian atas layar ada dua menu, satu dengan logo Palringgo huruf "P" dan menu "Contacts". Menu pertama untuk mengatur tentang "Service" atau layanan yang akan diaktifkan, "Active Chats" atau pesan yang masuk, "Location" untuk menunjukkan lokasi/ daerah kita Online dan menu "Help" untuk bantuan.

4. Untuk mengetahui teman yang sedang online atau bahkan yang offline, arahkan kursor trackball ke "Contacts". Untuk Chat dengan teman ini cukup arahkan kursor ke nama teman terus klik trackball untuk "Private Chat" atau klik "properties" untuk melihat info tentang teman ini.

Aplikasi Palringo ada fitur "Location" yang bisa digunakan untuk mengetahui lokasi pengguna, dapat diatur secara manual dengan menulis nama negara/ kota atau secara auto menggunakan GPS yang ada di BlackBerry atau diatur disable. Selain itu juga dapat diatur siapa aja yang dapat melihat data lokasi ini apakah semua orang atau tertentu aja. (source: kompas.com)

No comments:

Post a Comment