Saturday, March 20, 2010

Data Statistik Perselingkuhan

Berbicara tentang perselingkuhan, kita jadi teringat John Terry dan Sandra Bullock. Keduanya adalah selebriti terakhir yang jadi bahan pemberitaan terkait adanya kasus perselingkuhan. Jika John Terry menjadi terdakwa karena berselingkuh dengan Vanessa Perroncel, berbeda dengan Sandra Bullock karena ia adalah korban sakitnya akibat perselingkuhan sang suami Jesse James dengan seorang model tatto Michelle Mcgee.

Sandra Bullock, setelah mendengar kasus perselingkuhan suaminya dari media, dia langsung membatalkan kehadirannya di pemutaran perdana film The Blind Side di London. Seperti kita ketahui, Michelle McGee memang menjual kisah perselingkuhannya dengan suami Bullock pada majalah gosip.

Perselingkuhan ini terkuak hanya dua minggu setelah Bullock dan suaminya menunjukkan kemesraan di berbagai award show. Termasuk ketika Bullock memenagkan penghargaan Best Actress dari Academy Awards.

Perselingkuhan memang seringkali tak terduga. Pria yang sepintas pendiam, tampak seperti suami yang penyayang, dan tak pernah berkurang dalam mencurahkan perhatian, ternyata seorang peselingkuh ulung. Bahkan hubungan gelap yang telah terjadi selama bertahun-tahun, istri tak menaruh curiga sedikit pun.

Kasus perselingkuhan memang cenderung meningkat saat ini. Menurut para peneliti, di Amerika, kasus pria yang telah menikah atau hidup bersama seseorang lalu berselingkuh adalah 1 dari 4,76 (21 persen). Sementara itu, perempuan di Amerika yang berselingkuh saat masih berhubungan adalah 1 dari 9,09 (atau 11 persen). Bahkan orang yang tak pernah berselingkuh pun ternyata pernah berfantasi untuk selingkuh. Jumlahnya lebih parah, 1 dari 3,33 orang dewasa di Amerika.

Prevalensi, pria lebih sering berselingkuh daripada perempuan. Namun sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Experimental Social Psychology (PDF) edisi Mei 2009 mengemukakan bahwa perempuan lebih sering mengakui bahwa dirinya selingkuh daripada pria. Kenyataannya, perempuan lajang lah yang kerap berinisiatif mengejar pria yang sudah berpasangan. Alasan yang umum dikemukakan kaum hawa adalah karena "semua pria yang baik sudah menikah."

Anehnya di Amerika justru ada yang memfasilitasi perselingkuhan, salah satunya adalah AshleyMadison.com. Sebuah situs kencan untuk orang yang sudah menikah.

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa orang dewasa yang berselingkuh dengan tetangganya adalah 1 dari 6,67 orang, dan yang berselingkuh dengan rekan kerjanya adalah 1 dari 2,7 orang. Peluang selingkuh itu lebih terbuka bila dilakukan dengan seorang teman, yaitu 1 dari 1,45 (atau 69 persennya).

Di Indonesia juga pernah dilakukan penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa 1 dari 3 pria berselingkuh. Mungkin saat ini jumlah tersebut sudah mengalami peningkatan.


(source:kompas.com)

No comments:

Post a Comment