Friday, May 15, 2009

Kredibilitas Blog, Pentingkah?

Kemarin tanpa sengaja aku kesasar di sebuah blog milik Mbak Doesc. Ada satu artikel yang membuatku tertarik untuk menelaah lebih lanjut, yaitu tentang Membangun Kredibilitas Bisnis.

Beliau menjabarkan pentingnya Kredibilitas dan beberapa cara untuk membangunnya. Menurutku hal tersebut blog kita, terutama blog yang memang dibuat untuk bisnis internet.

Lalu bagaimana cara membangun kredibilitas itu?

Tapi sebelumnya ada 1 pertanyaan, menurut anda kredibilitas itu apa ya? Kalau menurutku kredibilitas itu berkaitan dengan nama baik dan kepercayaan.

Nah, sekarang saatnya aku beberkan cara membangun kredibilitas blog yang pernah aku baca di beberapa blog para master.

Blog berdomain nama sendiri. Seandainya memang serius terjun dalam bisnis internet maka domain dengan nama sendiri wajib hukumnya. Akan lebih baik jika bukan menggunakan domain gratisan loh. Dengan domain nama sendiri akan mempermudah seseorang menemukan nama Anda dalam pencarian di mesin search engine. Seseorang tinggal mengetikkan nama Anda, maka nama Anda akan muncul. Bila nama muncul berarti itu juga menunjukkan eksistensi Anda.

Konsisten. Membuat blog itu mudah, hal yang tersulit adalah blogging secara konsisten. Betul tidak? Kesuksesan blog tergantung kekonsistenan Anda. Kalau blog yang telah selesai dibuat kemudian ditelantarkan begitu saja, bagaimana bisa meraih kesuksesan?

Fokus di niche blog. Dalam hal ini Anda ingin dikenal orang lain sebagai apa? Biar kata Anda punya banyak minat dan keahlian tetapi tidak fokus nanti akan susah sendiri. Sebaiknya fokus pada satu atau beberapa hal saja, jangan membuat bingung pengunjung dengan isi blog yang beraneka ragam.

Merespon komentar di blog orang lain. Menuruku merespon bisa diartikan dua hal. Pertama: Menjawab pertanyaan orang lain. Menjawab lebih dilirik orang lain dari pada terus menerus bertanya. Kedua: jangan asal memberi komentar, yang lebih kritis terhadap isi artikel akan lebih menjadi pusat perhatian daripada yang hanya asal titip tulisan ataupun hanya sekedar nampang.

The most important is, membangun kredibilitas itu tidak mudah dan perlu jangka waktu lama. Tidak hanya satu atau dua hari. So, yang perlu dilakukan adalah beraksi mulai sekarang, tekun, ikhlas, dan setia dalam menjalaninya. Dan prinsip hari ini lebih baik dari kemarin bisa juga di terapkan.

Ada pendapat lain? Silahkan menambahkan, sumonggo....!

No comments:

Post a Comment