Monday, June 1, 2009

Sekilas Tentang Okupasi Terapi

Istilah okupasi terapi mungkin masih terdengar asing di telinga anda. Tidak aneh memang karena profesi ini masih tergolong baru di Indonesia. Meskipun masih seumuran jagung dan menjadi minoritas tapi kami patut berbangga hati karena data statistik menunjukkan bahwa para lulusan okupasi terapi 96% langsung mendapatkan pekerjaan setelah diwisuda, 4% tidak bekerja karena menjadi ibu rumah tangga ataupun melanjutkan pendidikan. Ya maklum saja, secara lulusan masih sedikit otomatis saingan juga sedikit kan. Sementara jumlah penderita sakit dan kecelakaan semakin banyak dari waktu ke waktu.

Apa itu Okupasi Terapi?

Menurut World Health Organization (WHO), okupasi terapi adalah suatu profesi kesehatan yang menolong individu yang mempunyai kelainan atau kecacatan fisik sementara atau menetap dengan menggunakan aktifitas yang diprogram atau disesuaikan untuk membantu memulihkan fungsi fisik, mental maupun sosial secara optimal di bidang ketrampilan bantu diri, produktifitas kerja dan kegiatan yang bersifat rekreasi.

Di Mana Pendidikan Formal Okupasi Terapi?

Jurusan Okupasi Terapi Surakarta adalah satu-satunya Lembaga Pendidikan Diploma III Okupasi Terapi yang berada di bawah Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Berdiri pada tahun 1994 sebagai Akademi Okupasi Terapi Surakarta (AOTS), namun sejak 2002 menjadi salah satu Jurusan dari Politeknik Kesehatan Surakarta.

Jurusan Okupasi Terapi Poltekkes Surakarta didukung oleh tenaga pengajar lulusan dalam dan luar negeri yang ahli dan berpengalaman, serta dosen tamu dari Canada ataupun dari negara lain. Proses belajar mengajar menggunakan sistem kredit semester. Untuk menyelesaikan program D III Okupasi Terapi, mahasiswa harus menyelesaikan 120 SKS dalam waktu maksimum 10 semester.

Di mana Dapat Bekerja?

Lulusan D III Okupasi Terapi dipersiapkan untuk bekerja di RSU pemerintah/ swasta, RS Jiwa, RS Militer, Pusat Rehabilitasi Fisik/ Psikososial, Klinik, Perusahaan, Sekolah dengan kebutuhan khusus maupun Praktek mandiri.

Kurikulum program D III Okupasi Terapi telah mendapatkan akreditasi dari Federasi Okupasi Terapis Sedunia atau World Federation of Occupational Therapists (WFOT) tanggal 28 Maret 1995

Informasi Lebih Lengkap
Jl. Kapt. Adi Sumarmo Tohudan Colomadu - Karanganyar Surakarta 57173
Telp. (0271) 710378 Fax. (0271) 727490




No comments:

Post a Comment